Tips Merenovasi Kamar Mandi

Tips Merenovasi Kamar Mandi Terkini

Tips Merenovasi Kamar Mandi – Kamar mandi dahulu diartikan sebagai tempat atau ruangan untuk membersihkan badan dan buang hajat. Di era modern, kamar mandi memiliki fungsi dan manfaat yang lebih dari itu. Misalnya kamar mandi bisa dijadikan tempat refreshing pikiran dan badan setelah lelah bekerja seharian, sebagai tempat untuk mencari inspirasi dan ide kreatif dan lainnya. Sehingga suasana dan kondisi kamar mandi yang nyaman, tenang dan menyegarkan wajib dimiliki agar kita bisa berlama-lama di dalamnya.

Anda juga mengerti bahwa kamar mandi merupakan bagian rumah yang paling diperhatikan selain dari ruang tamu oleh orang yang berkunjung ke rumah Anda. Kita akan merasa malu jika kamar mandi kita kotor, sumpek, jelek dan bergaya kuno. Tentu hal ini akan membuat kita merasa kurang percaya diri dan minder ketika keluarga besar, teman kerja atau kerabat yang ingin bersilaturrahmi ke rumah kita.

Di dalam membeli rumah, ternyata para pembeli juga sangat memperhatikan keadaan, letak, dan desain kamar mandi. Jika kamar mandinya bagus dan indah, kemungkinan besar dia akan membeli rumah tersebut. Begitu pentingnya fungsi dari kamar mandi tersebut, sekarang banyak bermunculan studio desain rumah, kontraktor rumah atau arsitek yang memfokuskan bidang pekerjaannya dalam merancang, mendesain, dan merenovasi kamar mandi.

Biasanya tarif yang mereka patok cukup mahal. Akan tetapi, tetap saja jasa mereka laris manis dipakai oleh konsumen yang berasal dari kalangan kelas atas seperti artis, pegawai bergaji tinggi, pejabat pemerintah, dan pengusaha besar.

Jangan khawatir bagi Anda yang uangnya pas-pasan, kami akan memberikan tips merenovasi kamar mandi yang mudah dan murah dengan hasil maksimal sehingga Anda bisa mengerjakan renovasi pada kamar mandi dengan tangan sendiri tanpa mengunakan jasa orang lain yang cukup mahal.

4 Tips Merenovasi Kamar Mandi

Berikut ini tip mudah merenovasi kamar mandi yang kami anggap bisa diterapkan di rumah Anda.

1. Sesuaikan Jumlah, Ukuran, dan Bentuk Kamar Mandi Anda
Untuk keluarga kecil, mungkin 1 kamar mandi di dalam rumah cukup. Akan tetapi, keluarga besar setidaknya kamar mandi lebih dari 1 harus dimiliki untuk menghindari antrean. Anda tahu betapa mengganggunya jika kita harus menunggu seseorang di kamar mandi saat kita ingin buang air atau terburu buru berangkat kerja.

Untuk ukuran kamar mandi, sesuaikan dengan luas bangunan rumah Anda. Jika rumah kecil, Anda tidak perlu membuat kamar mandi dengan ukuran yang sangat besar. Anda nanti bisa memilih dan merancang design yang cocok dan bagus untuk kamar mandi ukuran kecil.

Namun jika luas rumah anda mencukupi untuk membuat kamar mandi yang lapang, maka lakukan renovasi ukuran kamar mandi Anda. Kamar mandi yang luas akan memberikan suasana segar dan lega dibandingkan dengan kamar mandi dengan ukuran kecil.

Anda harus hati-hati dalam menentukan bentuk kamar mandi. Kamar mandi dengan beberapa bentuk justru akan semakin membuat kamar mandi terasa sempit bahkan akan membuang dana renovasi yang Anda keluarkan. Misalnya Anda memilih kamar mandi dengan bentuk segitiga. Bentuk segitiga tentu akan membuat kamar mandi Anda terasa lebih kecil daripada bentuk bulat, persegi, dan segi enam. Untuk tahap pertama ini, Anda perlu merencanakannya dengan saksama karena keberhasilan tahapan-tahapan selanjutnya tergantung dari keberhasilan tahapan ini.

2. Pilih Desain Kamar Mandi Sesuai dengan Kebutuhan dan Keinginan
Anda pasti mempunyai fantasi tentang desain kamar mandi yang ideal. Nah, dalam merenovasi kamar mandi, pastikan keinginan Anda itu dapat tersalurkan. Jika design kamar mandi tidak sesuai keinginan, maka di kemudian hari Anda akan menyesal dan merovasi ulang kamar mandi tersebut.

kamar mandi minimalis

Desain-desain kamar mandi sekarang sangat banyak. Anda tinggal mencari di mesin pencari Google untuk mendapatkan desain menarik sesuai kemauan daripada menggunakan jasa arsitek yang membutuhkan jutaan rupiah.

Desain-desain kamar mandi yang bisa Anda pilih misalnya kamar mandi dengan desain minimalis, Eropa, tradisonal, Italia, modern dan lainnya. Masing-masing desain memiliki nuansa yang khas, contohnya desain kamar mandi Italia memiliki nuansa mewah dengan pilihan interior, lantai dan aksesoris yang akan membuat setiap orang yang berada di kamar mandi tersebut menjadi seorang bangsawan.

Bagi yang memiliki bangunan rumah kecil, Anda bisa memilih desain kamar mandi minimalis yang memang dikhususkan bagi ruangan kecil dan sempit. Desain kamar mandi minimalis ini tentunya sudah memenuhi faktor-faktor kamar mandi ideal, seperti terang, sehat, aman, indah, dan nyaman.

3. Memilih Kriteria dan Warna Cat Kamar Mandi yang Sesuai
Memilih cat kamar mandi tidak boleh sembarangan karena jika pilihan cat salah, maka akan membuat kamar mandi tersebut semakin tidak karuan. Pertama, ilihlah cat kamar mandi yang bebas dari serangan jamur mengingat ruangan lembab adalah tempat berkembang biaknya jamur. Kamar mandi yang jamuran tentu bukanlah kamar mandi yang sehat maka penyakit-penyakit bisa menyerang anggota keluarga. Sebelum membeli cat kamar mandi, Aanda bisa bertanya kepada penjaga toko bangunan, cat mana yang anti jamur.

Kedua, pilihlah cat kamar mandi yang tahan air. Cat yang tahan air akan membuat warna ruangan terjaga dari pelunturan dan kerusakan dari cipratan dan semburan air. Cat dengan tipe semi-glossy dan glossy adalah yang biasa disarankan oleh ahli teknik sipil.

Ketiga, pilihlah warna yang sesuai dengan desain kamar mandi. Desain kamar mandi akan semakin terlihat menarik dan indah jika warna cat yang dipilih dinamis. Selain cocok dengan desain, pastikan warna cat tersebut sesuai dengan penggunanya (anak kecil atau orang dewasa), contohnya anak kecil biasanya cenderung menyukai warna yang tajam seperti orange, pink, dan biru laut. Jika ruangan kamar mandi Anda sempit, jangan memilih warna cat yang sesuai, warna tersebut adalah putih, pastel dan warna cerah lainnya.

4. Jangan Membeli Interior dan Aksesoris Kamar Mandi Hanya karena Harga dan Mereknya
Ketika Anda berbelanja interior dan aksesoris kamar mandi, jangan hanya melihat harga dan mereknya saja. Perusahaan interior dan aksesoris kamar mandi kebanyakan mengeluarkan produknya untuk desain tertentu. Dengan pilihan interior dan aksesoris yang tepat, maka akan membuat kamar mandi Anda semakin unik dan menarik.

Tips Merenovasi Kamar Mandi

Jika tidak tahu-menahu tentang interior dan aksesoris, Aanda dapat bertanya kepada penjaga toko tentang interior dan aksesoris yang tepat dengan desain kamar mandi di rumah Anda. Kesesuaian material atau bahan interior dan aksesoris juga harus diperhatikan. Misalnya Anda membeli kran dari bahan stainless steal karena bahan tersebut bebas dari korosi dan karat. Maka anda harus menyesuaikan kran tersebut dengan interior yang lain yang berbahan stainless steal.

Faktor keamanan dari interior dan aksesoris adalah yang paling utama. Untuk kamar mandi anak-anak, sebaiknya Anda menghidari interior dan aksesoris berbahan kaca atau berbentuk tajam dan lancip. Karena ketika anak kecil bermain air di kamar mandi, sikap mereka biasanya tak terkontrol karena senangnya terhadap air. Jika interior dan aksesoris tesebut memerlukan energi listrik, maka instalasinya harus dijauhkan dari air. Tempatkan jaringan listrik tersebut di atas dan terbungkus rapi dengan bahan isolator.

5. Konsultasikan Dengan Jasa Desain Interior Berpengalaman

Dengan bertanya kepada ahlinya interior maka anda akan mendapatkan desain kamar mandi yang anda inginkan. Anda cukup memberikan arahan maka dengan cepat konsultan desain interior akan membantu anda. Jika anda membutuhkan jasa desain interior langsung saja ke surya arsitek studio di nomor 081334919286

Nah, itulah keempat Tips Merenovasi Kamar Mandi yang kami sarankan agar Anda dapat merenovasi kamar mandi dengan biaya murah dan tetap memiliki keamanan, keindahan, dan kenyaman yang menjadikan psikologi setiap pengguna kamar mandi semakin baik. Selamat berinovasi dengan kamar mandi Anda