Rumah Kost 2 Lantai Minimalis di Jakarta

Rumah Kost 2 Lantai Minimalis di Jakarta

Rumah Kost 2 Lantai Minimalis di Jakarta – Kita tentu sudah tidak asing lagi tentang rumah bergaya minimalis. Hingga saat ini pun rumah minimalis masih sangat diminati masyarakat terutama kaum urban. Bahkan perusahaan pengembang pun masih giat membangun rumah-rumah bergaya minimalis sebagai alternatif hunian praktis yang nyaman dan bertaraf real estate.

Hal ini mengisyaratkan bahwa developer jeli membaca kebutuhan masyarakat akan hunian idaman bersifat futurististik. Makna minimalis itu sendiri sebenarnya terinspirasi dari analogi pola pikir serta gaya hidup Zen (penganut aliran budha dalam bahasa Jepang) yang memandang potret hidup itu harus efisien, praktis, serta ringan untuk dijalankan.

Paham Zen, juga beranggapan bahwa semakin sedikit peralatan atau benda yang dimiliki dan gunakan manusia, maka akan semakin tenang pula kehidupan orang tersebut. Dapat dikatakan pula rumah minimalis adalah sebuah perwujudan yang berangkat dari pola pikir dan cara hidup masyarakat yang menyukai kepraktisan dan kesederhanaan.

Sejak itulah rumah minimalis menjadi salah satu rumah impian dan diburu banyak orang. Bangunan rumah-rumah minimalis biasanya berdiri di atas lahan yang tidak begitu luas dan terkesan kecil bersih juga sederhana tapi tetap terlihat modern dan berkelas.

Rumah Kost 2 Lantai Minimalis

Karena dalam penerapan pembangunannya sebuah rumah itu tidak memerlukan banyak ruang untuk meyimpan banyak perabotan rumah tangga, namun ruang-ruang yang ada selayaknya dapat diefisiensikan untuk aktifitas lainnya.

Bangunan rumah minimalis juga pada umumnya bertujuan untuk menampung keluarga kecil atau keluarga muda yang baru menikah. Menengok beberapa tahun ke belakang, rumah minimalis berlantai satu begitu booming dan penjualannya pun laris manis.

Kini seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan meningkatnya perekonomian negara, maka kebutuhan dan kemampuan daya beli masyatakat akan rumah pun ikut meningkat tajam.

Masyarakat membutuhkan rumah tidak hanya untuk tempat tinggal saja tetapi juga sebagai penghubung keakraban anggota keluarga satu dengan yang lainnya. Untuk itu dibutuhkan lebih banyak ruang sebagai daya tampung anggota keluarga berjumlah besar beserta aktifitasnya. Maka rumah dua lantai bergaya minimalis dapat menjadi pilihan alternatif hunian yang nyaman dan praktis namun tetap eksklusif.

Ciri-Ciri Rumah Bergaya Minimalis
Telah disebutkan di atas pada umumnya kekhasan utama desain rumah minimalis tidak memerlukan banyak unsur dekoratif ataupun banyaknya ornamen. Selain itu cenderung polos namun kesan modern tetap ditampilkan. Kekhasan tampilan ini juga berlaku untuk bangunan rumah dua lantai bergaya minimalis. Ciri-ciri lainnya adalah :

  • Bentuk dan ruang geometrisnya sederhana guna menampakkan karakter rumah yang tegas dan kokoh.
    Tidak memerlukan banyak perabot atau aksesoris rumah.
  • Sekat dinding ruangan satu dengan ruangan lainnya diminimalkan agar sirkulasi udara terasa optimal serta ruangan terasa lega.
  • Menggunakan salah satu jenis lampu sorot, lampu gantung, lampu tempel, atau lampu taman sebagai penataan cahaya lampu yang cermat sehingga rumah minimalis terlihat artistik pada malam hari.
  • Warna cat eksterior rumah minimalis pada umumnya terkesan natural dan abadi sepanjang zaman, seperti : hitam, putih, abu-abu, cokelat, hingga merah bata atau teracota.
  • Struktur eksterior rumah minimalis banyak menggunakan bahan material seperti deck, batu koral, dan batu bata yang bertujuan menimbulkan kesan tekstur yang menarik.

Mengenal Desain Rumah Dua Lantai Bergaya Minimalis
Rumah dua lantai bergaya minimalis atau rumah minimalis yang dibangun dua lantai pada umumnya lebih menekankan suatu fungsi ruangan. Tetapi desain pada lantai atas dan bawah tidak menghilangkan ciri khas rumah bergaya minimalis, baik eksterior maupun interior rumah.

1. Lantai bawah
Pada umumnya lantai bawah rumah minimalis terdiri dari ruang tamu, kamar utama beserta kamar mandi, ruang makan, dapur termasuk tempat untuk mencuci, garasi atau carpot. Selain itu lantai bawah apabila masih tersisa sedikit lahan bisa juga dimanfaatkan taman kecil yang berisikan tanaman hias seperti pohon bonsai dan tanaman dalam pot atau taman kering dengan pohon gantungnya.

Taman tersebut tentunya dapat menambahkan keindahan dan kesejukan dalam rumah, mengingat lahan rumah minimalis tidak begitu luas pada umumnya. Apabila penghuni rumah minimalis tidak menyukai banyak perabot rumah tangga, lahan di bawah tangga pun dapat dikreasikan menjadi lemari atau gudang kecil. Sisa lahan di bawah tangga sama halnya seperti fungsi lemari tetapi bisa di bongkar pasang karena menggunakan sekat sedehana yang mirip sebuah pintu.

2. Lantai atas
Sementara itu pada lantai dua rumah minimalis dibangun ruangan untuk kamar anak beserta kamar mandinya, ruang kerja atau belajar, ruang kumpul keluarga, dan balkon yang menjadi ciri khas rumah dua lantai pada umumnya.

Saat membangun rumah minimalis menjadi dua lantai hendaknya perhatikan juga tangga. Tangga berperan penting sebagai penghubung lantai bawah dan atas, agar keseimbangannya tidak mengganggu konstruksi rumah minimalis itu sendiri. Hal ini tak lepas dari kekokohan struktur rumah minimalis.

Sebaiknya setiap anak tangga juga memiliki ketinggian yang sama. Bentuk tangga pun sangat beragam dan sesuai selera pemilik rumah. Bentuknya mulai dari tangga yang lurus, menyerupai huruf “L”, ataupun ada juga berbentuk huruf “U”, hingga tangga putar. Saat ini penggunaan tangga berbentuk huruf “L” dan lurus banyak diminati rumah berlantai dua minimalis karena terkesan sederhana tanpa menghilangkan nilai artistik rumah modern.

Sirkulasi udara dan sekat-sekat dinding ruangan pada lantai bawah maupun atas hendaknya seperti pada umumnya rumah minimalis berlantai satu. Ada baiknya juga membuat sirkulasi silang sehingga pertukaran udara bisa terjadi dari depan, belakang, maupun samping. Keuntungan lebih yang dimiliki rumah berlantai dua bergaya minimalis ini salah satunya adalah mendapat pencahayaan alami yang terang benderang pada siang hari.

Desain rumah lantai dua bergaya minimalis diperkirakan akan menjadi tren saat ini hingga masa mendatang. Boleh jadi rumah minimalis pada awalnya hanya satu lantai, ke depannya akan dikembangkan menjadi dua lantai karena kebutuhan akan fungsi ruang dari sang pemilik semakin bertambah. Hanya yang patut diperhatikan kembali adalah sisi kekokohan sebuah bangunan itu sendiri hendaknya mampu bertahan minimal memakan waktu hingga sepuluh tahun ke depan.

Contoh Rumah Kost 2 Lantai Minimalis di Jakarta

Rumah Kost 2 Lantai Minimalis Rumah Kost 2 Lantai Minimalis Rumah Kost 2 Lantai Minimalis di Jakarta Rumah Kost 2 Lantai Minimalis di Jakarta Rumah Kost 2 Lantai Minimalis di Jakarta

Itulah tadi Rumah Kost 2 Lantai Minimalis di Jakarta, semoga bermanfaat. Jika anda berniat untuk mendesain bangunan kost 2 lantai minimalis modern silahkan mengubungi kami jasa arsitek profesional surya arsitek studio di nomor 081334919286

Banten Jakarta Semarang Surabaya Malang Bekasi Depok Tangerang Medan Palembang Balikpapan Makasar Bandung Bandar Lampung Padang Denpasar Solo Samarinda Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Agam Alor Ambon Asahan Asmat Batam Badung Balangan Banda Aceh Bandung Barat Banggai Banggai Kepulauan Bangka Bangka Barat Bangka Selatan Bangka Tengah Bangkalan Bangli Banjar Banjar Baru Banjarmasin Banjarnegara Bantaeng Bantul Banyu Asin Banyumas Banyuwangi Barito Kuala Barito Selatan Barito Timur Barito Utara Barru Baru Batang Batang Hari Batu Batu Bara Baubau Bekasi Belitung Belitung Timur Belu Bener Meriah Bengkalis Bengkayang Bengkulu Bengkulu Selatan Bengkulu Tengah Bengkulu Utara Berau Biak Numfor Bima Binjai Bintan Bireuen Bitung Blitar Blora Boalemo Bogor Bojonegoro Bolaang Mongondow Bolaang Mongondow Selatan Bolaang Mongondow Timur Bolaang Mongondow Utara Bombana Bondowoso Bone Bone Bolango Bontang Boven Digoel Boyolali Brebes Bukittinggi Buleleng Bulukumba Bulungan Bungo Buol Buru Buru Selatan Buton Buton Utara Ciamis Cianjur Cilacap Cilegon Cimahi Cirebon Dumai Dairi Deiyai Deli Serdang Demak Dharmasraya Dogiyai Dompu Donggala Empat Lawang Ende Enrekang Fakfak Flores Timur Garut Gayo Lues Gianyar Gorontalo Gorontalo Utara Gowa Gresik Grobogan Gunung Kidul Gunung Mas Gunungsitoli Halmahera Barat Halmahera Selatan Halmahera Tengah Halmahera Timur Halmahera Utara Hulu Sungai Selatan Hulu Sungai Tengah Hulu Sungai Utara Humbang Hasundutan Indragiri Hilir Indragiri Hulu Indramayu Intan Jaya Jakarta Barat Jakarta Pusat Jakarta Selatan Jakarta Timur Jakarta Utara Jambi Jayapura Jayawijaya Jember Jembrana Jeneponto Jepara Jombang Kaimana Kampar Kapuas Kapuas Hulu Karang Asem Karanganyar Karawang Karimun Karo Katingan Kaur Kayong Utara Kebumen Kediri Keerom Kendal Kendari Kepahiang Kepulauan Anambas Kepulauan Aru Kepulauan Mentawai Kepulauan Meranti Kepulauan Sangihe Kepulauan Selayar Kepulauan Seribu Kepulauan Sula Kepulauan Talaud Kepulauan Yapen Kerinci Ketapang Klaten Klungkung Kolaka Kolaka Utara Konawe Konawe Selatan Konawe Utara Kotamobagu Kotawaringin Barat Kotawaringin Timur Kuantan Singingi Kubu Raya Kudus Kulon Progo Kuningan Kupang Kutai Barat Kutai Kartanegara Kutai Timur Labuhan Batu Labuhan Batu Selatan Labuhan Batu Utara Lahat Lamandau Lamongan Lampung Barat Lampung Selatan Lampung Tengah Lampung Timur Lampung Utara Landak Langkat Langsa Lanny Jaya Lebak Lebong Lembata Lhokseumawe Lima Puluh Kota Lingga Lombok Barat Lombok Tengah Lombok Timur Lombok Utara Lubuklinggau Lumajang Luwu Luwu Timur Luwu Utara Madiun Magelang Magetan Majalengka Majene Makassar Malinau Maluku Barat Daya Maluku Tengah Maluku Tenggara Maluku Tenggara Barat Mamasa Mamberamo Raya Mamberamo Tengah Mamuju Mamuju Utara Manado Mandailing Natal Manggarai Manggarai Barat Manggarai Timur Manokwari Mappi Maros Mataram Maybrat Melawi Merangin Merauke Mesuji Metro Mimika Minahasa Minahasa Selatan Minahasa Tenggara Minahasa Utara Mojokerto Morowali Muara Enim Muaro Jambi Mukomuko Muna Murung Raya Musi Banyuasin Musi Rawas Nabire Nagan Raya Nagekeo Natuna Nduga Ngada Nganjuk Ngawi Nias Nias Barat Nias Selatan Nias Utara Nunukan Ogan Ilir Ogan Komering Ilir Ogan Komering Ulu Ogan Komering Ulu Selatan Ogan Komering Ulu Timur Pacitan Padang Lawas Padang Lawas Utara Padang Panjang Padang Pariaman Padangsidimpuan Pagar Alam Pakpak Bharat Palangka Raya Palopo Palu Pamekasan Pandeglang Pangandaran Pangkajene Dan Kepulauan Pangkal Pinang Paniai Parepare Pariaman Parigi Moutong Pasaman Pasaman Barat Paser Pasuruan Pati Payakumbuh Pegunungan Bintang Pekalongan Pekanbaru Pelalawan Pemalang Pematang Siantar Penajam Paser Utara Pesawaran Pesisir Barat Pesisir Selatan Pidie Pidie Jaya Pinrang Pohuwato Polewali Mandar Ponorogo Pontianak Poso Prabumulih Pringsewu Probolinggo Pulang Pisau Pulau Morotai Puncak Puncak Jaya Purbalingga Purwakarta Purworejo Raja Ampat Rejang Lebong Rembang Rokan Hilir Rokan Hulu Rote Ndao Siak Sabang Sabu Raijua Salatiga Sambas Samosir Sampang Sanggau Sarmi Sarolangun Sawah Lunto Sekadau Seluma Seram Bagian Barat Seram Bagian Timur Serang Serdang Bedagai Seruyan Siau Tagulandang Biaro Sibolga Sidenreng Rappang Sidoarjo Sigi Sijunjung Sikka Simalungun Simeulue Singkawang Sinjai Sintang Situbondo Sleman Solok Solok Selatan Soppeng Sorong Sorong Selatan Sragen Subang Subulussalam Sukabumi Sukamara Sukoharjo Sumba Barat Sumba Barat Daya Sumba Tengah Sumba Timur Sumbawa Sumbawa Barat Sumedang Sumenep Sungai Penuh Supiori Surakarta Tabalong Tabanan Takalar Tambrauw Tana Tidung Tana Toraja Tanah Bumbu Tanah Datar Tanah Laut Tangerang Selatan Tanggamus Tanjung Balai Tanjung Jabung Barat Tanjung Jabung Timur Tanjung Pinang Tapanuli Selatan Tapanuli Tengah Tapanuli Utara Tapin Tarakan Tasikmalaya Tebing Tinggi Tebo Tegal Teluk Bintuni Teluk Wondama Temanggung Ternate Tidore Kepulauan Timor Tengah Selatan Timor Tengah Utara Toba Samosir Tojo Una-una Toli-toli Tolikara Tomohon Toraja Utara Trenggalek Tual Tuban Tulang Bawang Barat Tulangbawang Tulungagung Wajo Wakatobi Waropen Way Kanan Wonogiri Wonosobo Yahukimo Yalimo Yogyakarta