Lapisan Pelindung Lantai

LAPISAN PELINDUNG LANTAI

<—— SEBELUMNYA LAPISAN PELINDUNG LANTAI

Seperti yang diketahui bersama bahwa parket atau dikenal juga dengan parquet merupakan salah satu bahan lantai terbaik dan mampu menghadirkan suasana elegan sekligus alami di rumah, termasuk juga rumah kayu. Di sisi lain, tak banyak orang yang tahu bahwa setiap ukuran parket itu bisa memengaruhi keindahan yang akan dihadirkan. Contoh yang sering dijumpai, yaitu parket dengan ukuran kecil terkadang tak se-elegan lantai parket ukuran besar yang terlihat lebih alami dan lebih menyatu.

Sebenarnya, parket itu dibuat dengan berbagai ukuran yang berbeda-beda dan Anda pun bebas memilihnya. Namun, tetap jangan pernah lupa mengukur sekaligus mencocokkannya dengan ukruan rumah agar terlihat menawan dan lebih pas.

Di Indonesia, ukuran parket yang paling umum yaitu ukuran 12 x 50 x 30mm. Ukuran ini sama dengan lantai keramik biasa yang dijual luas di pasaran. Untuk membeli parket dengan ukuran ini, seseorang biasanya harus membelinya dengan sistem bulk atau dalam jumlah cukup banyak. Biasanya pula, calon pembeli harus membeli beberapa puluh item.

Sementara itu, untuk ukuran standar yang sudah disetujui dan dipakai oleh seluruh perusahaan atau industri di seluruh dunia, sebagian besar perusahaan ataupun industri memproduksinya dengan ukuran 2 ¼ inci hingga 3 ½ inci. Pada umumnya, ukuran yang dipakai adalah 2 ¾ inci dan juga 2 7/8 inci dengan panjang sekitar 9 inci hingga 12 inci. Walaupun begitu, tak seluruh perusahaan menggunakan ukuran parket standar tersebutr yang biasanya juga dipakai oleh perusahaan-perusahaan lain. Ada pula beberapa perusahaan yang memakai ukuran mereka sendiri.

Aksesori Parket

Kita semua tentu juga tahu jika parket atau dalam bahasa Inggris disebut dengan parquet adalah jenis lantai rumah yang wajib dicoba jika menginginkan kesan natural atau alami di dalam rumah. Parket ini tersedia dengan berbagai macam pilihan, desain, dan corak unik. Ada parket yang dibuat seperti kayu asli atau bahkan memang terbuat dari kayu asli dan ada pula yang terkesan kaku atau tak alami.

Selain itu, sejumlah aksesori parket pun bisa dipilih untuk menghiasi interior rumah agar rumah menjadi lebih indah, tahan lama, kuat, dan juga atraktif. Akserori parket yang pertama yaitu pembersih parket. Sesuai seperti namanya, produk pembersih ini bisa dipakai untuk membersihkan lantai parket. Biasanya, sebotol pembersih parket bisa dipakai untuk 40 kali pemakaian. Semua aksesori parket ini cukup eco-friendly atau bersifat tak merusak alam. kita bisa melihat daftar kandungan serta efek dari pembersih parket ini di bagain belakang botol tersebut.

Jika mempunyai berbagai jenis furnitur seperti kursi dan meja di ruangan yang memakai lantai parket, tak ada salahnya untuk menambahkan berbagai macam aksesori, misalnya protective felt pads dan protective floor mat (lapisan pelindung lantai). Protective floor mat (lapisan pelindung lantai) bisa dimanfaatkan sebagai  alas dari furnitur tersebut, sehingga tak akan merusak lantai, sedangkan protective felt pads digunakan di bagian dasar furnitur, terutama untuk meja dan kursi, sehingga tak menggores ataupun merusak lantai parket.

Jika memakai lantai parket di kamar mandi, ingatlah selalu untuk melapisinya dengan aksesori parket seperti lapisan anti jamur. Dengan aksesori ini, lantai parket di kamar mandi akan tetap tahan lama dan yang pastinya tak mudah rusak.

Rasanya, tak ada alasan lagi untuk tak memakai lantai kayu di dalam rumah idaman Anda. Selain harganya yang cukup terjangkau dan perawatannya cukup mudah, juga sudah dianggap sebagai sebuah tradisi. Terlebih, kini, telah banyak penyuplai atau supplier lantai kayu, mulai dari pembelian, pengantaran hingga pemasangan.

Itulah usalan seputar desain rumah kayu. Selamat mendesain rumah! Semoga bermanfaat!