desain rumah minimalis

Konsep Desain Rumah Minimalis

Desain Rumah Minimalis – Belakangan ini desain rumah minimalis menjadi sangat di era ini. Konsep hunian minimalis tidak hanya menjadi konsep rumah hunian, bahkan juga merambah perkantoran pula pusat-pusat perbelanjaan. Mereka giat-giat mulai mengadopsi desain-desain tersebut untuk diterapkan pada lini konsep bangunan mereka.

Konsep awal desain rumah minimalis adalah keheningan dan kesederhanaan, yang teraplikasi dalam desain rumah dengan menggunakan bahan yang telah ada, sederhana, memaksimalkan fungsi, dan tidak terlalu mahal.

Namun, pada perkembangan sekarang, arsitektur rumah minimalis lebih diidentifikasi sebagai bentuk yang mengeksploitasi garis, ruang kosong dan transparan, minim lengkungan dan pernak-pernik. Masalah biaya, belum tentu minimalis.

Citra yang dihasilkan oleh desain arsitektur rumah minimalis adalah kesan serba bersih (clean), presisi dan ketepatan, mungil kecil dan multifungsi, blocking warna polos cenderung transparan pada dinding, dan aplikasi geometri.

desain rumah minimalis

Konsep Rumah Minimalis – Tren Baru

Kata minimalis di luar dunia arsitektur merujuk pada pola berpikir, bekerja, dan cara hidup yang disimplifikasi. Didukung dengan berkembangnya pola hidup “back to nature,” atau kembali ke alam, terefleksi dalam desain rumah yang praktis, ringan, efisien, sunyi, dan tenang.

Ciri yang menonjol pada desain minimalis adalah hadirnya karakter geometris dengan ruang-ruang kosong sederhana dan terkesan ringan. Bahkan, jika ada pemanis berupa lukisan, itu pun tidak lepas dari kesederhanaan garis dan kekosongan bingkai yang menghadirkan keheningan. Sebuah keheningan yang indah.

Keindahan dibangun dari pola geometris yang tidak melulu kotak dan persegi, tetapi bisa berbentuk lanscap platonic dan eksplorasi dari bentukan geometri yang lebih rumit, namun dramatis.

Antara Minimalis vs Minimal

Kata minimalis dan minimal memang berasal dari akar kata yang sama, yakni minim. Namun, pada konsep arsitektur rumah minimalis, ada prinsip kekokohan dan kekuatan yang harus diaplikasikan bersamaan dengan prinsip kesederhanan. Oleh karena itu, jika ada pendapat bahwa biaya pembangunan rumah minimalis bisa jauh lebih murah, bisa jadi pendapat tersebut salah. pabrik kubah masjid

Desain minimalis sama sekali tidak hanya merujuk pada harga bahan. Bisa jadi biayanya murah, bisa pula menjadi mahal. Minimalis merujuk pada pemaksimalan fungsi dan aplikasi keheningan zen dengan menekankan desain lugas, polos, tidak rumit, kompak, dan efisiensi ruang.

Sementara itu, mahal atau murahnya ditentukan oleh material bahan dan kerumitan desain yang dipakai. Desain minimalis, walaupun sederhana, memiliki kerumitan dan detail yang sangat tinggi.

Kenyamanan Rumah Tinggal

Konsep Rumah minimalis dirasa telah memenuhi selera hidup kebanyakan masyarakat kota, yang mana mereka menuntut akan sebuah kepraktisan, fungsional dan efisiensi. Kesederhanaan dalam konteks inilah yang memberi sebuah kesan mewah dan elegan. Kesederhanaan tidaklah berarti tidak memiliki cita rasa seni. Sebaliknya keheningan dan pengulangan berurut yang menjadi pola dasar rumah minimalis memiliki nilai artistik yang tinggi.

Sebagai rumah tinggal, desain minimalis tidak mengabaikan kenyamanan karena penyederhanaan tidak berarti mengurangi fungsi. Apalagi, didukung dengan berkembangnya kreativitas arsitek, inovasi, serta teknologi canggih yang menghadirkan terobosan-terobosan baru penuh kesegaran.

Dengan mengandalkan ornamen artifisial, kejujuran dan penjiwaan penuh hening, rumah minimalis memberikan kenyamanan tersendiri di tengah kehidupan urban yang penuh polarisasi.

Rumah minimalis bisa dipercantik dengan ornamen-ornamen pendukung tanpa kehilangan jiwa. Furniture yang cocok untuk desain ini adalah bahan kaca transparan yang dikombinasi dengan alumunium atau besi tempa yang simpel dan mudah dalam perawatan.

Perabot meubel pengisi ruangan dipilih dari bahan kayu berbentuk ramping, menghilangkan kesan berat dan gendut. Minimalis juga berarti kecil mungil multifungsi. Warna yang cocok berupa blok-blok geometris atau polos, disusun dari maksimalisasi garis lurus dan menyedikitkan lengkung.

Detail bunga-bunga dan kombinasi beragam warna cenderung dihindari dalam desain minimalis. Sebagai gantinya, dipilih warna-warna natural, cokelat kayu, abu-abu, biru langit dan laut, atau hitam putih.

Meskipun ada hiasan pigura atau furniture lain, kesan kosong harus tetap terjaga. Kosong adalah bentuk komunikasi manusia dengan alam semesta yang menjadi pokok prinsip minimalis: hampa, keabadian, suasana meditatif.

Demikianlah pembahasan konsep desain rumah minimalis. Jika anda membutuhkan Jasa Desain dan Bangun Rumah maka dengan Surya Arsitek masalah anda dalam membangun rumah, mendesain rumah, maupun merenovasi rumah akan terselesaikan secara mudah. Sebab kami akan memberikan pelayanan untuk membantu anda mengatasi masalah itu semua, membantu mewujudkan keinginan anda membuat rumah impian menjadi nyata. Ingin langsung konsultasi bersama team kami, bisa hubungi nomor admin kami di 0813 3491 9286.