Jasa Arsitek Rumah

Apabila Anda ingin memutuskan untuk memilih atap bangunan rumah berbahan baja sangat tepat sekali untuk Anda yang memiliki rumah di kawasan yang rawan akan terkena bencana seperti gempa bumi, banjir, angin puting beliung, dan lainnya.

Atap rumah dengan berbahan baja memang memiliki kekuatan yang cukup kuat sehingga mampu membuat rumah tidak mudah roboh ketika terkena cuaca yang sangat ekstrim. Nah, untuk Anda yang saat ini mempunyai rencana untuk membuat atap dari bahan baja di rumah, berikut ini adalah tips memilih atap rumah berbahan baja.

1. Perhatikan instalasi atap
Beberapa atap yang berbahan baja sangat mudah untuk dipasang, namun ada juga jenis atap baja yang sulit dipasang. Jadi, apabila Anda memilik rencana untuk memasang atap rumah Anda sendiri, pilihlah atap dengan bahan yang lebih mudah untuk dipasang. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk memasangkan juga bervariasi tergantung pada bahan. Mereka memiliki teknik tersendiri yang Anda mungkin tidak ketahui. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

2. Mutu dan garansi
Setiap pemilik rumah pasti ingin mendapatkan bahan atap rumah yang mampu bertahan lebih lama. Selain itu, mereka juga ingin memastikan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk membelinya tidak sia-sia. Oleh sebab itu, carilah produk yang memiliki garansi. Mungkin setiap orang berpikir jika suatu produk yang memiliki garansi lebih lama, berarti produk tersebut lebih tahan lama karena tidak mungkin produsen memberikan garansi yang lama tetapi barang produksi mereka cepat memudar atau rusak sebelum masa garansi. Jadi, cobalah untuk mencari atap yang berbahan baja dengan memiliki garansi yang lebih lama. Bahan atap modern kebanyakan memiliki garansi.

3. Pertimbangkan harga
Tentu saja, Anda harus mengetahui jumlah biaya yang akan Anda keluarkan untuk merenovasi atap rumah dengan atap berbahan baja. Sebenarnya sederhana, Anda cukup membandingkan setiap harga bahan baja dengan kondisi biayanya. Selain berbicara biaya, perhatikan juga kualitas atapnya karena tidak semua benda yang mahal memiliki kualitas yang baik. Ada pula atap yang berbahan baja tetapi tidak terlalu mahal justru memiliki kualitas yang tinggi.

4. Kualitas bahan
Selain Anda mengetahui bahan atap untuk rumah, ketebalan dan harga, Anda juga harus mencari informasi yang lebih banyak dalam segi kualitas. Carilah kualitas bahan baja dengan yang paling bagus, karena hal tersebut sangat penting. Jika Anda membeli bahan atap yang berkualitas rendah, mungkin tidak akan bertahan lebih lama dan akhirnya Anda harus membeli satu set bahan atap lagi karena kerusakan. Hal ini akan memutuhkan biaya tambahan lagi. Jadi, Anda harus memastikan untuk memilih atap yang berbahan baja dengan kualitas yang baik.

5. Ketebalan bahan atap
Selain dari segi bahan, atap yang berbahan baja juga memiliki ukuran ketebalan yang berbeda-beda. Jadi, pilihlah ketebalan atap yang Anda inginkan dan tentunya harus sesuai dengan biaya Anda. Misalnya atap baja memiliki alat ukuran yang berbeda-beda. Semakin tebal atapnya, akan lebih tahan lama. Tapi ada juga beberapa jenis bahan yang tetap bertahan lebih lama dengan ukuran yang tidak begitu tebal.

6. Pertimbangkan arsitektur rumah Anda
Desain arsitektur rumah juga harus dipertimbangkan dengan teliti. Bahan atap baja yang Anda pilih harus sesuai dengan bentuk dan posisi rumah Anda. Oleh karena itu tidak semua desain rumah ternyata dapat diaplikasikan dengan atap yang berbahan baja.

7. Pelajari perbedaan berbagai jenis bahan baja
Atap yang berbahan dasar baja termasuk dalam dua jenis yaitu, baja dengan berbahan Karbon (carbon steel) yang sifatnya sulit untuk dibengkokkan, dilas, atau dipotong. Yang ke dua adalah Baja Paduan (Alloy stell) Baja jenis ini mengandung satu atau lebih logam-logam seperti nikel, chromium, manganese, molybdenum, tungsten dan vanadium. Dengan menambahkan bahan logam tersebut ke dalam baja maka bahan baja tersebut merubah sifat-sifat mekanik dan kimianya seperti menjadi lebih keras, kuat dan solid bila dibandingkan dengan baja berjenis karbon (carbon steel). Tetapi semua itu tergantung Anda yang menentukan pilihan kualitas atap baja yang mana yang akan digunakan.

8. Kerangka atap
Hal ini mengacu pada struktur penyangga atap rumah. Pada bagian ini, kerangka atap harus bisa bertahan lebih lama untuk menopang beban dari atap berbahan baja, terutama jika bahan yang Anda pilih cukup berbobot berat. Maka, gunakanlah penyangga yang sangat kuat dan berkualitas tinggi guna menjamin keamanan keluarga, sangat disarankan untuk memilih bahan baja ringan sebagai kerangka bahan atap yang berat.