Desain Taman Minimalis


desain taman minimalis

Desain Taman Minimalis – Rumah dan taman merupakan satu kesatuan yang saling mengisi. Rumah minimalis akan tampak indah dan asri jika terdapat sebuah taman, baik di halaman depan atau di halaman belakang rumah. Rumah akan terasa komplit jika taman melengkapi komponen sebuah rumah. Begitupun dengan taman. Keindahan taman akan mengangkat nilai keindahan desain rumah bahkan jika rumah akan dijual, anak menaikan nilai jual rumah tersebut.

Memiliki sebuah rumah yang nyaman, lega dan indah merupakan dambaan setiap keluarga. Rumah yang memiliki keindahan tidak cukup dengan desain utama rumah yang menjadikan rumah berkesan hommy. Salah satu unsur yang dapat mengangkat nilai keindahan sebuah rumah adalah taman. Ya, taman merupkan bagian dari eksterior sebuah rumah. Sebuah taman umumnya berada di halaman depan rumah. Namun, tidak jarang ada jug ataman yang dibangun di halaman belakang rumah.

Membangun rumah memang tidak mudah dan membutuhkan keahlian tersendiri. Hal ini dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi rumah menjadi sebuah tempat yang nyaman untuk ditempati. Terlebih lagi rumah yang bergubungan dengan unsur eksterior taman.

Banyak manfaat dari penambahan taman dalam setiap pembangunan rumah. Apalagi di daerah perkotaan yang pepohonan jarang tumbuh. Selain untuk memperindah dan memperteduh kota, tanaman berfungsi sebagai paru-paru yang berfungsi untuk menetralisir polusi udara.

Desain rumah di daerah perkotaan umumnya memiliki lahan yang terbatas sehingga harus bisa memanfaatkan sistem pengelolaan lahan yang efektif agar bisa menciptakan sebuah taman yang bagus dan indah. Dengan begitu, rumah akan memiliki penampilan yang memikat karena pengaruh keberadaan sebuah taman. Oleh karena itu, desain yang benar sangat memiliki pengaruhnya demi mencapai tujuan menciptakan rumah yang idah dan nyaman.

Desain Taman Rumah Minimalis Modern

Taman bisa dikatakan sebagai tempat untuk melepaskan penat di rumah setelah menjalani berbagai aktivitas di luar rumah. Gar terlihat menarik, sebuah taman rumah dapat diberikan berbagai ornamen yang canatik sehingga memperinah tampilan taman, seperti air mancur atau patung. Jika taman diberi ornament air mancur, di bawah air macur tersebut otomatis terdapat sebuah kolam kecil yang berguna menampung sirkulasi air yang disemburkan oleh air mancur tersebut. Selain itu, di dalam kolam tersebut dapat ditanami berbagai jenis ikan hias untuk memperindah kolam. Contoh ikan hias yang bisa dipelihara di dalam kolam air mancur antara lain ikan mas koki atau ikan koi.

Pecampuran antara taman minimalis dengan rumah minimalis harus memberikan kesan yang harmonis dalam konsep arsitektur minimalis. Sebuah rumah minimalis memiliki struktur yang sederhana, desain taman yang mungil, dan lebih mengutamakan pada fungsi ruang. Oleh karena itu, taman harus dibuat sesuai dengan konsep rumah minimalis juga. Pemilihan tanaman dan ornament taman pada sebuah rumah minimalis modern pun harus sesuai dengan konsep minimalis.

Sebuah taman minimalis modern tidak perlu menempatkan terlalu banyak jenis tanaman, tapi hanya dibutuhkan beberapa (dua atau tiga) jenis tanaman. Contohnya, rumput gajah mini dan tanaman yang memiliki kesan tegas seperti ongkiati. Bisa juga sebuah taman diberikan sebuah kolam ikan kecil sehingga menambah keindahan sebuah taman.

Baca Juga : Rumah Nyaman Sederhana yang Harus Anda Tahu

Tata Letak Taman pada Rumah Minimalis

Taman menjadi unsur yang terpenting dalam memperkuat keanggunan arsitektur rumah. Anda bisa memainkan banyak warna untuk mendekorasi taman. Contohnya saja dedaunan yang hijau dan bunga berwarna-warni. Warna-warna tersebut akan menciptakan nuansa alami dan menyegarkan di taman rumah.

Tidak heran, jika kehadiran taman di depan ataupun di dalamnya. Untuk taman di dalam rumah, membuat tampilan rumah semakin menarik.

Meskipun rumahnya berukuran mungil, Anda tetap bisa membuat taman. Taman yang dibuat tentu ukurannya mini. Biasanya taman mungil tersebut berukuran 1,5 x 1,5 meter. Taman untuk rumah mungil biasanya dibuat menyatu dengan ruang keluarga, agar memperoleh kesan luas dan sejuk.

Taman memberikan efek positif, bukan hanya untuk suasana rumah, melainkan juga. jadi pastikanlah, meskipun rumah mungil Anda tetap harus menyisakan sedikit lahan untuk membuat taman mini.

Secara garis besar, untuk mendekorasi rumah mungil tidaklah sulit, asalkan tahu konsepnya dengan benar. Menghadirkan dekorasi dinding dalam corak ramai, furnitur massif, dan penggunaan warna gelap, tentu akan membawa kesan sesak pada ruangan.

Kemudian, menghadirkan tatanan interior mewah dan elegan untuk rumah berukuran mungil, tidaklah bijak. Hal ini dikarenakan, interior mewah dan elegan membuat ruangan semakin sumpek.

Tatanan ruangan yang paling cerdas untuk rumah mungil adalah simple, minimalis, minim corak, dan dibalut warna terang. Dengan penggunaan dekorasi tersebut, akan memberikan kesan lapang pada hunian Anda.

Pilihlah warna-warna terang untuk bidang-bidang besar, seperti lantai, dinding, platfon, dan furnitur utama. Sebaiknya, Anda menghindari kombinasi banyak warna. Akan tetapi, gunakan sedikit aksen untuk mempermanis ruangan

Nah, tertarik mencobanya?

Dengan rumah mungil pun Anda tetap mampu memperoleh kenyamanan seperti yang ditawarkan oleh rumah di atas lahan yang luas.

Selamat berkreasi!

Surya Arsitek bisa membantu anda mendesainkan rumah nyaman sederhana yang anda impikan dengan harga yang terjangkau untuk anda. Jika anda ingin konsultasi tentang desain rumah anda bisa Hubungi Kami