Desain Rumah Sekaligus Kantor Hemat Energi

Desain Rumah Sekaligus Kantor – Apakah anda orang yang bekerja di rumah? Atau malah kantor Anda adalah sekaligus rumah Anda? Bisa jadi begitu. Tapi apakah rumah bisa digunakan sekaligus kantor Anda sudah hemat dan efisien?

Agar Anda tidak boros dalam operasional, Anda harus punya tips dalam mewujudkannya. Biaya dalam operasional rumah sekaligus kantor adalah biaya rutin yang harus Anda bayar rutin tiap bulan. Bila biaya ini tidak terkontrol, bisa jadi akan mengurangi kinerja atau malah mengurangi keuntungan bisnis Anda.

Anda bisa memotong biaya operasional agar lebih hemat tanpa mengurangi kinerja Anda atau karyawan. Selain itu, Anda juga bisa membuat suasana rumah kantor yang lebih ramah lingkungan. Tips-tips di bawah ini bisa Anda coba untuk menciptakannya.

desain rumah sekaligus kantor

Mengurangi Penggunaan Kertas

Batasi diri anda dari keinginan untuk mencetak setiap draft yang sedang Anda kerjakan. Bila pekerjaan bisa dikerjakan di komputer, lakukanlah di computer saja. Jangan mencetak jika tidak benar-benar diperlukan. Anda bisa mencatat hal-hal kecil di white board atau menggunakan sticky note di mana tulisan-tulisannya bisa dihapus untuk digunakan kembali.

Anda juga bisa menggunakan fasilitas penyimpanan data di internet. Banyak sekali penyedia layanan penyimpan gratis maupun berbayar yang ada di internet dan kapasitasnya pun besar. Apabila Anda terpaksa harus mencetak draft untuk proses pengerjaan, gunakan kertas yang baru dipakai sebelah sisinya. Anda bisa memakai sisi kertas yang masih kosong.

Baca Juga: Rumah Sangat Sederhana Tapi Menawan

Kurangi Penggunaan Energi yang Berlebihan

Setiap rumah kantor yang bekerja pasti membutuhkan energi, terutama energi listrik. Komputer, printer, lampu, scanner, AC, dan lain-lain membutuhkan energi listrik. Jangan biarkan printer menyala sepanjang hari padahal Anda hanya memakainya sesekali saja. Bila Anda atau karyawan Anda sedang istirahat siang, sebaiknya matikan semua lampu. Jika tidak bisa, nyalakan seperlunya saja.

Begitu juga dengan komputer maupun layarnya. Lebih baik matikan komputer selagi Anda beristirahat. Jika ada komputer yang memang harus menyala, matikan saja layarnya atau seting pada posisi sleep. Itu bisa menghemat energi beberapa watt.

Pertimbangan Memakai Komputer

Sebagian besar komputer di rumah kantor masih menggunakan desktop. Cobalah pertimbangkan untuk menggantinya dengan laptop. Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari sini. Energi yang dibutuhkan sebuah laptop hanya sekitar sepertiga bahkan seperempat daripada energi yang dibutuhkan oleh sebuah desktop.

Selain lebih hemat energi, laptop juga lebih kecil,  tidak banyak memakan tempat. Laptop bisa dibawa ke mana-mana sehingga akan jauh memudahkan Anda bila ingin memindahnya. Jangan khawatir dengan kapasitas dan kecepatan kerjanya.

Namun, jika pekerjaan-pekerjaan tersebut membutuhkan spesifikasi yang besar, maka mau tidak mau anda harus menggunakan Komputer daripada laptop. Karena penggunaan listrik pada laptop cenderung kecil, namun hal tersebut menjadi sebuah harga yang harus dibayar dengan spesifikasi yang seadanya pula.

Nah, semoga dengan menerapkan ketiga tips desain rumah sekaligus kantor hemat energi di atas, biaya operasional bisnis dari rumah kantor Anda akan lebih hemat dan terkendali. Selamat mencoba!