Desain Rumah Sederhana Minimalis

Desain Rumah Sederhana Minimalis di Lahan Sempit

Desain rumah sederhana minimalis – Permasalahan yang dihadapi masyarakat saat ini adalah semakin sempitnya lahan untuk membangun rumah tempat tinggal. Oleh karena itu, maka tren model rumah hunian untuk saat ini adalah desain rumah sederhana minimalis. Ini merupakan pilihan utama. Masyarakat lebih banyak memilih dan membangun rumah sederhana minimalis daripada rumah besar. Bukan sekadar karena pembiayaan yang lebih murah, desain rumah sederhana minimalis merupakan langkah antisipasi atas semakin sempitnya lahan untuk perumahan.

Perkembangan pola kehidupan masyarakat memang menuntut kita untuk secara aktif mengefektifkan semua aspek dalam kehidupan ini. Termasuk dalam hal ini adalah masalah semakin sempitnya lahan untuk rumah, bahkan sudah cukup banyak penciptaan lahan rumah dari tanah garapan yang masih produktif.

Kita semakin kehilangan lahan yang dapat memberikan panenan sebagai sumber makanan kita. Dan, desain rumah sederhana minimalis adalah upaya memanfaatkan lahan yang ada secara efektif. Itu artinya, kita tidak perlu lagi membuat rumah hunian yang besar. Rumah kita saat sekarang dan kedepan berukuran kecil, tetapi efektif untuk dijadikan tempat hunian yang cukup untuk keluarga.

Rumah adalah sebuah hal yang paling diinginkan oleh kebanyakan dari kita. Karena memang rumah adalah meruapakn salah satu dari kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Rumah pun berkembang menjadi simbol prestige dan harga diri dari masing-masing orang.

Semakin besar dan mewah sebuah rumah, maka pemilik rumah pasti akan dianggap oleh masyarakat yang ada memiliki strata sosial yang tinggi. Hal ini sangatlah wajar karena memang untuk memiliki rumah yang mewah dan besar membutuhkan banyak sekali uang.

Bagi mereka yang berada dalam kemampuan keuangan yang mencukupi, memiliki rumah yang diinginkan tentunya adalah hal yang mudah. Mereka dapat memiliki rumah di lahan yang luas. Tentu dengan bangunan rumah yang mewah dan lebar. Dengan banyak ruangan yang ada di dalamnya yang diperlukan untuk segala kebutuhan si pemilik rumah dan para penghuninya.

Itulah jika memang memiliki kemampuan secara keuangan untuk dapat mengusahakan rumah di atas lahan yang luas. Bagaimana jadinya jika kita tak dapat mengusahakan hal ini dan hanya dapat memiliki lahan yang sempit untuk kita bangun di atasnya rumah kita?

Inilah yang akan kita bahas. Membuat rumah di atas lahan yang sempit. Namun tetap mengutamakan kenyamanan pada rumah tersebut karena memang rumah adalah tempat tinggal kita dimana akan dicurahkan segenap usaha dan kemampuan untuk menciptakan kenyamanan di dalamnya.

Simak juga: Kriteria Jasa Desain Rumah Minimalis Yang Berkualitas

Memilih Desain Rumah Minimalis adalah Konsekuensi

Kita memang tidak dapat lagi berimprovisasi secara bebas untuk mengembangkan kreativitas kita, khususnya pada saat membuat desain rumah hunian kita. Kita sudah tidak dapat membuat rumah berukuran besar yang sempat menjadi ciri khas bangunan rumah para pendahulu kita. Saatini, kita hanya dapat membuat desain rumah sederhana minimalis sebagai rumah hunian bagi keluarga kita.

Dan, ini merupakan konsekuensi atas kondisi yang berlangsung dalam kehidupan ini. Ini merupakan dampak dari perubahan yang kita lakukan terhadap lingkungan kita. Atau, inilah hasil dari setiap laku negatif yang dilakukan oleh nenek moyang kita, pemakaian lingkungan yang tidak sesuai dengan peruntukannya.

Manusia sudah tidak bersahabat dengan bumi. Banyak bagian alam yang kita rusak dan kita perlakukan tidak sesuai dengan peruntukannya, sehingga kita banyak kehilangan lahan untuk perumahan. Hilangnya lahan perumahan inilah yang menuntut kita untuk menerima konsekuensi logisnya, yaitu membuat rumah di lahan yang sempit. Rumah di lahan sempit, berarti kita harus membuat desain rumah sederhana minimalis.

Memaksimalkan Lahan

Untuk membuat rumah di lahan sempit memang serba repot. Secara teknis kita akan akan mengalami banyak hal yang tidak kita inginkan. Tetapi hal tersebut harus kita lakukan sebab kondisi yang kita hadapi memang seperti itu. Oleh karena itulah, hal terpenting yang harus kita lakukan adalah membuat desain rumah sederhana minimalis yang sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan lahan untuk kita.

Tentunya untuk memaksimalkan lahan ini kita lakukan dan wujudkan dalam bentuk bangunan yang benar-benar efektif sebagai tempat hunian yang mampu memberikan kenyamanan bagi kita sekeluarga. Hal ini sangat penting sebab rumah yang kita dirikan akan digunakan sebagai hunian keluarga kita. Dan, upaya memaksimalkan lahan dapat kita lakukan dengan memaksimalkan setiap bagian desain untuk kebutuhan yang jelas.

Dalam hal ini, agar dapat memenuhi kebutuhan hidup, maka sebaiknya kita membuat desain rumah sederhana minimalis yang mempunyai lantai atas. Keberadaan lantai atas ini adalah untuk memberikan ruangan untuk berbagai kegiatan hidup kita. Lantai atas ini adalah solusi yang tepat bagi kita jika menghadapi lahan yang sempit.

Mengatur Ruang secara efektif

Satu hal pokok yang harus kita perhatikan pada saat membuat desain rumah sederhana minimalis adalah penempatan ruangan. Jika kita mendesain rumah sederhana dengan lantai atas, maka setidaknya kita harus dapat mengatur ruangan secara efektif. Artinya, kita harus dapat memposisikan ruang sesuai fungsinya dan selaras dengan pemanfaatnya.

Dalam hal ini, maka ruangan kita bagi atas ruangan atas dan bawah. Untuk ruangan bawah, kita dapat menempatkan ruangan seperti kamar tidur utama, dapur, ruang tamu, kamar mandi, ruang makan, dan untuk ruangan atas kita tempat tidur anak-anak, ruang eksplorasi keluarga, kamar mandi juga dapat kita posisikan di ruang atas. Kita dapat juga menempatkan ruang perpustakaan di ruang atas.

Dengan pembagian penempatan ruangan seperti ini, maka setidaknya kita dapat lebih mengefektifkan fungsi ruang –ruangan tersebut. Poin ini adalah hal terpenting yang memang harus dioptimalkan dengan benar jika kita akan membangun rumah di atas lahan yang sempit dan tak terlalu lebar.

Setiap jengkal tanah yang ada dapat dimanfaatkan untuk menciptakan semua ruangan yang dibutuhkan di dalam rumah. Memang diharapkan ada ruangan yang lengkap yang ada di dalam rumah atau paling tidak terdapat ruangan inti yang dibutuhkan dalam setiap rumah yaitu kamar tidur, ruang tamu, dapur dan juga kamar mandi. Atau bisa ditambah ruang keluarga dan ruang makan.

Jika masih ada sedikit ruang kosong, tidaka da salahnya untuk memberikan sedikit ruang untuk taman di depan rumah dan di belakang rumah. Taman di depan rumah sangatlah berperan untuk menjaga kelestarian dan keindahan dari rumah tersebut. Banyak orang yang suka jika melihat lingkungan yang hijau yang ada di sekitar rumah.

Kita dapat menanaminya dengan beberapa jenis tanaman ataupun bunga. Tanaman ini akan menambah keasrian dari rumah kita. Serta kita pun dapat memanfaatkan tanamannya sebagai pengusir jenuh dan lelah seusai pulang bekerja dengan menikmati dan memandangi semua tanaman yang ada.

Taman di belakang rumah dapat digunakan sebagai tempat kita untuk menjemur pakaian. Hal ini adalah hal yang penting untuks elalu ada di dalam setiap rumah. Selain itu, kita juga masih dapat untuk menanami beberapa jenis tanaman lain di belakang rumah ini.

Misalnya ada tanaman dengan jenis rimpang-rimpangan misalnya jahe, kunyit atau pun yang lain. Tanaman ini akan sangat diperlukan dalam kegiatan memasak kita. Dan akan membantu kemudahan dari prosesnya karena kita tinggal mengambil yang sudah ada tanpa repot untuk membelinya di pasar.

Memang dalam pemanfaatn dan pengotimalan desain rumah di lahan yang sempit adalah hal yang emmbutuhaknsperhatian dan ketelitian yang lebih. Kita bisa dengan mudah mengatur beberapa ruang jiak berada di lahan yang cukup luas. Lain halnya jika lahan kita sempit dan tak terlalu luas, paling tidak kita harus memutar otak untuk dapat menciptakan ruang yang tepat dan mengoptimalkan semua bagian tanah yang ada untuk semua ruang yang dibutuhkan.

Sebenarnay kita dapat meminta bantuan arsitek atau konsultan pembangunan untuk membantu kita memberikan usul dan saran tentang ruangan uang akan ada di dalam rumah sederhan dan minimalis kita.

Dalam kondisi lahan perumahan yang semakin sempit, kita memang harus pandai-pandai mengatur desain rumah sederhana minimalis agar kita mendapatkan kenyamanan di rumah sendiri. Kita harus mengingat bahwa rumah adalah surga kita. Semakin nyaman kita di rumah, maka surga adalah milik kita.

Banten Jakarta Semarang Surabaya Malang Bekasi Depok Tangerang Medan Palembang Balikpapan Makasar Bandung Bandar Lampung Padang Denpasar Solo Samarinda Aceh Barat Aceh Barat Daya Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singkil Aceh Tamiang Aceh Tengah Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Agam Alor Ambon Asahan Asmat Batam Badung Balangan Banda Aceh Bandung Barat Banggai Banggai Kepulauan Bangka Bangka Barat Bangka Selatan Bangka Tengah Bangkalan Bangli Banjar Banjar Baru Banjarmasin Banjarnegara Bantaeng Bantul Banyu Asin Banyumas Banyuwangi Barito Kuala Barito Selatan Barito Timur Barito Utara Barru Baru Batang Batang Hari Batu Batu Bara Baubau Bekasi Belitung Belitung Timur Belu Bener Meriah Bengkalis Bengkayang Bengkulu Bengkulu Selatan Bengkulu Tengah Bengkulu Utara Berau Biak Numfor Bima Binjai Bintan Bireuen Bitung Blitar Blora Boalemo Bogor Bojonegoro Bolaang Mongondow Bolaang Mongondow Selatan Bolaang Mongondow Timur Bolaang Mongondow Utara Bombana Bondowoso Bone Bone Bolango Bontang Boven Digoel Boyolali Brebes Bukittinggi Buleleng Bulukumba Bulungan Bungo Buol Buru Buru Selatan Buton Buton Utara Ciamis Cianjur Cilacap Cilegon Cimahi Cirebon Dumai Dairi Deiyai Deli Serdang Demak Dharmasraya Dogiyai Dompu Donggala Empat Lawang Ende Enrekang Fakfak Flores Timur Garut Gayo Lues Gianyar Gorontalo Gorontalo Utara Gowa Gresik Grobogan Gunung Kidul Gunung Mas Gunungsitoli Halmahera Barat Halmahera Selatan Halmahera Tengah Halmahera Timur Halmahera Utara Hulu Sungai Selatan Hulu Sungai Tengah Hulu Sungai Utara Humbang Hasundutan Indragiri Hilir Indragiri Hulu Indramayu Intan Jaya Jakarta Barat Jakarta Pusat Jakarta Selatan Jakarta Timur Jakarta Utara Jambi Jayapura Jayawijaya Jember Jembrana Jeneponto Jepara Jombang Kaimana Kampar Kapuas Kapuas Hulu Karang Asem Karanganyar Karawang Karimun Karo Katingan Kaur Kayong Utara Kebumen Kediri Keerom Kendal Kendari Kepahiang Kepulauan Anambas Kepulauan Aru Kepulauan Mentawai Kepulauan Meranti Kepulauan Sangihe Kepulauan Selayar Kepulauan Seribu Kepulauan Sula Kepulauan Talaud Kepulauan Yapen Kerinci Ketapang Klaten Klungkung Kolaka Kolaka Utara Konawe Konawe Selatan Konawe Utara Kotamobagu Kotawaringin Barat Kotawaringin Timur Kuantan Singingi Kubu Raya Kudus Kulon Progo Kuningan Kupang Kutai Barat Kutai Kartanegara Kutai Timur Labuhan Batu Labuhan Batu Selatan Labuhan Batu Utara Lahat Lamandau Lamongan Lampung Barat Lampung Selatan Lampung Tengah Lampung Timur Lampung Utara Landak Langkat Langsa Lanny Jaya Lebak Lebong Lembata Lhokseumawe Lima Puluh Kota Lingga Lombok Barat Lombok Tengah Lombok Timur Lombok Utara Lubuklinggau Lumajang Luwu Luwu Timur Luwu Utara Madiun Magelang Magetan Majalengka Majene Makassar Malinau Maluku Barat Daya Maluku Tengah Maluku Tenggara Maluku Tenggara Barat Mamasa Mamberamo Raya Mamberamo Tengah Mamuju Mamuju Utara Manado Mandailing Natal Manggarai Manggarai Barat Manggarai Timur Manokwari Mappi Maros Mataram Maybrat Melawi Merangin Merauke Mesuji Metro Mimika Minahasa Minahasa Selatan Minahasa Tenggara Minahasa Utara Mojokerto Morowali Muara Enim Muaro Jambi Mukomuko Muna Murung Raya Musi Banyuasin Musi Rawas Nabire Nagan Raya Nagekeo Natuna Nduga Ngada Nganjuk Ngawi Nias Nias Barat Nias Selatan Nias Utara Nunukan Ogan Ilir Ogan Komering Ilir Ogan Komering Ulu Ogan Komering Ulu Selatan Ogan Komering Ulu Timur Pacitan Padang Lawas Padang Lawas Utara Padang Panjang Padang Pariaman Padangsidimpuan Pagar Alam Pakpak Bharat Palangka Raya Palopo Palu Pamekasan Pandeglang Pangandaran Pangkajene Dan Kepulauan Pangkal Pinang Paniai Parepare Pariaman Parigi Moutong Pasaman Pasaman Barat Paser Pasuruan Pati Payakumbuh Pegunungan Bintang Pekalongan Pekanbaru Pelalawan Pemalang Pematang Siantar Penajam Paser Utara Pesawaran Pesisir Barat Pesisir Selatan Pidie Pidie Jaya Pinrang Pohuwato Polewali Mandar Ponorogo Pontianak Poso Prabumulih Pringsewu Probolinggo Pulang Pisau Pulau Morotai Puncak Puncak Jaya Purbalingga Purwakarta Purworejo Raja Ampat Rejang Lebong Rembang Rokan Hilir Rokan Hulu Rote Ndao Siak Sabang Sabu Raijua Salatiga Sambas Samosir Sampang Sanggau Sarmi Sarolangun Sawah Lunto Sekadau Seluma Seram Bagian Barat Seram Bagian Timur Serang Serdang Bedagai Seruyan Siau Tagulandang Biaro Sibolga Sidenreng Rappang Sidoarjo Sigi Sijunjung Sikka Simalungun Simeulue Singkawang Sinjai Sintang Situbondo Sleman Solok Solok Selatan Soppeng Sorong Sorong Selatan Sragen Subang Subulussalam Sukabumi Sukamara Sukoharjo Sumba Barat Sumba Barat Daya Sumba Tengah Sumba Timur Sumbawa Sumbawa Barat Sumedang Sumenep Sungai Penuh Supiori Surakarta Tabalong Tabanan Takalar Tambrauw Tana Tidung Tana Toraja Tanah Bumbu Tanah Datar Tanah Laut Tangerang Selatan Tanggamus Tanjung Balai Tanjung Jabung Barat Tanjung Jabung Timur Tanjung Pinang Tapanuli Selatan Tapanuli Tengah Tapanuli Utara Tapin Tarakan Tasikmalaya Tebing Tinggi Tebo Tegal Teluk Bintuni Teluk Wondama Temanggung Ternate Tidore Kepulauan Timor Tengah Selatan Timor Tengah Utara Toba Samosir Tojo Una-una Toli-toli Tolikara Tomohon Toraja Utara Trenggalek Tual Tuban Tulang Bawang Barat Tulangbawang Tulungagung Wajo Wakatobi Waropen Way Kanan Wonogiri Wonosobo Yahukimo Yalimo Yogyakarta