Desain Rumah Sederhana

Desain Rumah Sederhana

Desain Rumah Sederhana – Seseorang yang menyukai hal-hal simpel dan sederhana, akan menyukai rumah bergaya minimalis bercorak sederhana. Sederhana adalah pola berpikir, bekerja, dan cara hidup. Ia merupakan cara pandang baru dalam melihat desain sebagai refleksi gaya hidup masyarakat yang praktis, ringan, dan efisien.

Rumah sederhana juga bisa memiliki karakter yang lebih jelas meski bentuk dan ruang geometrisnya relatif simpel. Kesannya pun bisa dibuat lebih kokoh dan kuat dengan ruang-ruang kosong yang hanya dilengkapi sedikit perabotan dan ornamen. Semakin sederhana konsepnya maka kualitas desain, ketersediaan ruang, dan penyelesaian bidang struktur harus semakin baik.

Tetapi perlu diingat, apabila sebuah rumah dibangun dalam bentuk dan tatanan yang terlalu sederhana, ia akan terlihat membosankan dan tidak menarik perhatian. Oleh karena itu, perencanaan merupakan hal yang penting di sini.

Bentuk rumah sederhana tidak selalu harus selalu kotak standar, tetapi dapat pula berwujud aneka rupa geometri yang tetap serasi. Namun, jika rumah tersebut harus dan perlu memiliki bentuk kotak, maka bentuk kotaknya merupakan hasil dari proses kebutuhan fungsi, bukan karena pemaksaan ataupun latah mengikuti tren. Kesederhanaan merupakan kata kunci utamanya, sehingga mempengaruhi desain dan metode pembuatannya.

Baca Juga, Desain Taman Sederhana.

Menciptakan Desain Rumah Sederhana

Memiliki rumah yang sederhana namun tampak cantik, pastilah menjadi impian bagi Anda yang sudah berkeluarga. Mendesain rumah sederhana adalah hal yang sebenarnya tidak terlalu susah, bahkan bisa dilakukan oleh Anda tanpa harus menyewa jasa desainer.

Bila Anda memiliki rumah atau masih ingin membangun rumah, Anda bisa membuat desain rumah sederhana dengan cukup mudah. Hal yang paling penting adalah keselarasan antara perabot/furniture, warna, dan juga penataan ruang.

Menciptakan desain rumah sederhana pada intinya adalah merancang rumah sesederhana mungkin. Misalnya, dalam rumah hanya disediakan ruang-0ruang yang dibutuhkan tanpa ada tambahan ruangan lain, seperti ruang makan, ruang tidur, ruang tamu, dapur, dan lain sebagainya.

Menciptakan rumah dengan tema sederhana memang banyak dipilih oleh masyarakat saat ini. selain tidak membutuhkan banyak ornamen-ornamen dalam rumah, desain rumah sederhana juga menjadi trend desain rumah yang saat ini.

Desain rumah sederhana atau bisa juga dikatakan desain rumah minimalis ini menjadi pilihan bagi orang yang tidak menyukai desain-desain rumit. Komsep rumah Eropa yang banyak menggunakan ukiran-ukiran detail dan warna-warna yang khas memang masih banyak dipilih, akan tetapi sebagian besar orang menilai konsep rumah dengan detail yang banyak membutuhkan waktu dan biaya yang cukup besar tentunya.

Tips Mendesain Rumah Sederhana

Besar atau kecilnya rumah bukanlah menjadi masalah untuk meciptakan desain rumah sederhana. Berikut adalah beberapa tips bagi Anda yang ingin menciptakan rumah sederhana impian Anda.

Rumah sederhana adalah rumah yang tidak terlalu banyak memiliki perabotan atau furniture. Belilah perabot yang penting dan memang dibutuhkan, misalnya kursi, meja, ranjang, lemari, dll. Jumlah perabotan pun sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan, bukan keinginan.

Desain rumah sederhana identik dengan rumah minimalis, jadi sebaiknya belilah barang-barang yang memang mengusung tema tersebut. Pilihlah perabotan yang sederhana dan tidak memiliki terlalu banyak detail.

Misalnya, belilah sofa dengan satu corak atau satu warna, bukan sofa yang memiliki corak “ramai” dan terkesan mewah. Contoh lainnya, belilah meja ruang tamu sederhana, bukan meja dengan penyangga yang penuh ukiran atau aksesoris lainnya.

Untuk warna dalam desain rumah sederhana, sebaiknya tidak menggunakan terlalu banyak jenis warna yang kontras dalam satu rumah atau ruangan. Penggunaan bermacam-macam warna yang terlihat saling kontras, tidak akan menimbulkan keserasian ruangan.

Misalnya, dalam ruang kamar tidur, Anda bisa memakai warna dinding putih, untuk warna ranjang dan perabotan lain bisa memakai warna serupa atau warna lain yang tetap terlihat kalem.

Bila ingin memakai warna kontras, sebaiknya pilih 1-2 warna saja yang sesuai dengan warna dinding. Misalnya, menggabungkan warna putih dengan merah dan oranye, atau menggabungkan warna putih dengan hitam.

SELANJUTNYA———>