Desain Rumah Kayu

DESAIN RUMAH KAYU

Desain rumah kayu dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu desain rumah kayu klasik dan rumah kayu modern (gabungan). Jenis yang klasik biasanya hanya terdiri dari 1 lantai, dengan desain sederhana seperti pondok atau gazebo. Jenis rumah kayu modern biasanya banyak terinspirasi desain rumah beton modern, tetapi materialnya diganti dengan kayu. Kebanyakan bangunan kayu modern terdiri atas dua lantai atau lebih, dan ukurannya pun terasa lebih luas.

Rumah Kayu kini menjadi salah satu model rumah yang diminati. Tujuannya adalah menghadirkan suasana alam yang asri di rumah, meskipun lokasinya berada di wilayah perkotaan yang padat. Itu merupakan cara pemilik rumah untuk merasakan nuansa pedesaan.

Di tengah kekacauan iklim akibat pemanasan global, rumah kayu adalah pilihan tepat. Warna kayu yang alami dengan urat dan teksturnya yang khas, akan memantulkan cahaya yang menciptakan efek visual yang unik, menarik, dan tentunya alami.

Desain rumah kayu pada prinsipnya sama saja dengan rumah standar. Bedanya, unsur estetika pada rumah kayu lebih ditonjolkan. Material kayu amat mendukung nilai estetis, karena keberadaannya akan terlihat dominan dibandingkan rumah lain di sekelilingnya. Konsep rumah kayu pun dibedakan berdasarkan panel dindingnya. Ada yang memakai panel tunggal (single panel), dan ada yang ganda (double panel).

Desain Rumah Kayu untuk Keluarga

Sesuai dengan fungsi utamanya, rumah merupakan salah satu tempat berteduh bagi Anda dan keluarga. Terkait dengan hal tersebut, Anda bisa mendesain rumah sesuai konsep yang diinginkan, misalnya desain interior rumah kayu bisa memberikan keseimbangan secara alami di dalam lingkungan rumah.

Lalu, bagaimana cara mendesainnya? Salah satu ruangan rumah yang bisa didesain pada tahap awal yaitu ruangan keluarga. Sementara itu, untuk mendesain rumah dari kayu tersebut, cobalah menyiasatinya dengan membuat sebuah konsep serta desain secara menyeluruh. Konsep ini dimulai dari segi pencahayaan alami, sirkulasi udara, serta perluasan ruangan keluarga bila diperlukan untuk acara-acara tertentu.

Di dalam rumah kayu, ruang keluarga berfungsi untuk tempat berkumpul dan tempat untuk berkomunikasi antaranggota keluarga. Selain itu, ruangan keluarga pun dapat dikatakan sebagai pusat aktivitas di dalam rumah. Tentunya, ada banyak kegiatan yang dilakukan di ruang keluarga secara bersamaan dan hampir seluruh keluarga memerlukan ruang keluarga yang menyenangkan dan penuh kehangatan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menentukan jenis kayu yang cocok dan sesuai dengan desain rumah. Sesudah itu, baru lakukan pemilihan jenis warna yang diinginkan, misalnya menggunakan warna netral supaya semua anggota keluarga bisa berkumpul di ruang keluarga dengan rasa nyaman, tenang, dan penuh kehangatan.

Bila menyukai warna yang jauh lebih terang, cobalah pilih warna pastel. Tentunya, kombinasi warna tersebut diperoleh dengan paduan lantai kayu yang terkesan berwarna alami atau natural. Selain itu, rumah kayu pun akan terlihat lebih sempurna dengan perpaduan lantai kayu dan semua desainnya yang ada dalam rumah kaya itu sendiri.

Parket

Rumah kayu tak lengkap rasanya tanpa parket. Ada banyak motif parket yang bisa dipilih dan dijadikan koleksi di rumah. Hal yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan dengan tempat serta motif yang diinginkan untu interior rumah.

Ukuran Parket

Pada dasarnya, ukuran parket itu mempunyai perbedaan yang tak terlalu jauh, yaitu sebagai berikut.

Panjang 121.2cm x lebar 193cm x tebal 8.3mm.

Panjang 20 – 120cm x lebar 5 – 9cm x tebal 1.2 – 1.4cm.

SELANJUTNYA—–>