Desain Rumah 1 Lantai

Membuat Desain Rumah 1 Lantai

Membuat Desain Rumah 1 Lantai – Sebelum membanggun suatu rumah, dibutuhkan perencanaan yang matang dan teliti. Tujuannya tentu saja agar bentuk rumah yang dibangun nantinya tidak ada kekeliruan yang fatal. Perencanaan tersebut biasanya meliputi pembiayaan atau anggaran serta bentuk desain dari rumah yang mau dibangun. Khusus untuk desain perlu mendapat perhatian yang benar benar akurat. Misalnya bila kita akan membuat desain rumah 1 lantai.

Tentu saja desain rumah 1 lantai berbeda tekniknya dengan membuat desain rumah dengan 2 lantai atau lebih. Meski demikian ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan ketika mau membuat desain rumah jenis ini. Tujuannya agar ke depannya nanti kita tidak akan kerepotan untuk membuat desain yang baru lagi ketika ingin memperbaiki atau merenovasi rumah tersebut. Inilah salah satu pentingnya pembuatan desain sebuah rumah.

Teknik Pembuatan Desain Rumah 1 Lantai

Seperti yang telah diuraikan di atas, ketika akan membuat hunian 1 lantai perlu memperhitungkan beberapa hal. Adapun yang perlu mendapat perhatian tersebut antara lain adalah :

1. Perencanaan ke depan
Ketika membuat desain rumah 1 lantai, perhitungkan dengan cermat bagaimana rencana ke depan untuk rumah yang mau di bangun tersebut. Misalnya bila beberapa tahun mendatang ada agenda untuk merubah rumah tersebut menjadi dua lantai. Maka desain yang dibuat tentu juga harus memperhitungkan bagaimana nanti bentuk rumah tersebut ketika dibuat atau dirubah menjadi dua lantai. Ingin membuat desain rumah 1 lantai, hubungi jasa arsitek online.

Demikian pula jika misalnya rumah tersebut nantinya juga akan diperluas untuk penambahan ruang atau yang lainnya. Hal ini juga perlu dibuat model rumah 1 lantai yang matang dan akurat. Sehingga ketika melakukan perubahan bentuk atau renovasi, maka kita tidak perlu membongkar total rumah tersebut. Jadi biaya yang harus dikeluarkan juga bisa lebih hemat. Dan waktu yang dibutuhkan juga menjadi lebih efisien.

2. Perhitungan kebutuhan
Dalam membuat desain rumah juga perlu diperhitungkan masalah kegunaan atau fungsi rumah tersebut. Apakah hanya untuk tempat tinggal biasa atau juga akan digunakan untuk kepentingan yang lain, misalnya untuk kantor atau tempat produksi.

Yang paling penting diingat adalah luas bangunan 1 lantai dengan 2 lantai itu sangat berbeda jauh. Sehingga masing masing ruang atau kamar perlu mendapat porsi luas yang sesuai dengan fungsi dari ruang tersebut.

3. Perhitungan jumlah penghuni
Ini juga perlu mendapat perhatian yang serius ketika akan membuat desain rumah 1 lantai dan membangunnya. Jangan sampai terjadi bila penghuni rumahnya cukup banyak, namun ukuran bangunannya hanya kecil saja. Maka suasana rumah akan menjadi tidak nyaman karena terlalu bising. Demikian pula bila yang terjadi adalah sebaliknya.

4. Lingkungan sekitar
Lingkungan di sekitar rumah juga perlu mendapat perhatian bila akan membuat model rumah 1 lantai. Bila di sekitar tempat itu banyak bangunan bertingkat, maka desain rumah perlu di buat lebih tinggi. Tujuannya agar rumah kita tidak terlihat tenggelam meski hanya terdiri 1 lantai saja.

Namun bila kebanyakan rumah di sekitar situ juga hanya 1 lantai, maka ketinggiannya disesuaikan dengan kebutuhan saja. Sehingga bangunan kita tidak terlihat angkuh atau sombong.